Korlantas Polri Tunda Pemberlakuan One Way dari KM 414 Tol Kalikangkung hingga KM 72 Tol Cipali

0
15
Reporter: Rommy Yudhistira

Korp Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) resmi menunda sistem rekayasa lalu lintas one way dari KM 414 Tol Kalikangkung hingga KM 72 Tol Cipali yang rencananya diberlakukan pada Jumat (12/4) ini. Penundaan tersebut karena arus kendaraan yang bergerak dari arah timur masih berada dalam ambang batas traffic counting.

“Kami memutuskan untuk one way dari KM 414 Tol Kalikangkung-KM 72 Tol Cipali yang sebelumnya direncanakan berlangsung pada 14.00 WIB ini sementara kami tidak laksanakan,” kata Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan di Gedung Utama Korlantas Polri, Cawang, Jakarta, Jumat (12/4).

Setelah mengevaluasi hal tersebut, kata Aan, pihaknya menghitung traffic counting sebagai parameter pemberlakuan rekayasa lalu lintas mulai timur arah Surabaya, kemudian Solo, dan Yogya. Rata-rata traffic counting 1.178 per tiga jam di KM 415.

“Artinya ini masih di bawah parameter yang ada di 2.800 per jamnya,” ujar Aan.

Selanjutnya, kata Aan, penghitungan traffic counting di Tol Palikanci KM 211B, terpantau rata-rata ada di posisi 881 kendaraan dari parameter 2.800. Kendaraan tersebut masuk dari penjagaan atau feeder yang ada setelah Tol Kalikangkung.

Baca Juga :   Spot Wisata dan Kuliner di Sekitar Tol Trans Sumatera

“Jadi secara keseluruhan jadi masih berada di bawah parameter hingga tadi jam 10.00 (WIB) hari ini. Kemudian, trend-nya memang ada kenaikan di masing-masing traffic counting ada kenaikan ya namun ini masih belum signifikan,” tambah Aan.

Masih kata Aan, pihaknya berpesan agar pengemudi lebih memperhatikan kondisi kesehatan tubuh selama berkendara. Apabila merasa lelah, maka sebaiknya beristirahat dan tidak memaksakan untuk tetap berkendara.

“Saya kira itu belajar dari beberapa kejadian yang kemarin ya semuanya adalah karena kelelahan. Tolong ini sampaikan kepada masyarakat ini sangat fatal akibatnya apabila kalau kita tetap memaksa untuk berkendara, dan berdoa jangan lupa selamat kita kalau naik di angkutan umum pastikan angkutan umum yang resmi biar ya terjamin kendaraannya,” katanya.

Leave a reply

Iconomics