Luhut Pastikan Elon Musk Hadir Dalam Acara World Water Forum 2024 di Bali

0
27
Reporter: Rommy Yudhistira

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan CEO SpaceX Elon Musk akan datang ke Indonesia. Kehadiran Elon Musk itu untuk mengikuti acara 10th World Water Forum (WWF) 2024 di Bali pada 19 Mei 2024.

Selain hadir dalam acara tersebut, kata Luhut, Presiden Joko Widodo dan Elon Musk akan meresmikan proyek pengembangan konstelasi Starlink, satelit milik SpaceX. Rencananya proyek tersebut akan diluncurkan pertama kali di Bali.

“Hari Minggu (19 Mei 2024) dia (Elon) datang, mudah-mudahan tidak ada perubahan. Ada sudah di puskesmas Denpasar,” kata Luhut usai melihat persiapan pengamanan WWF 2024 di Bali, Jumat (17/5).

Soal rencana Elon untuk berinvestasi di sektor lain, kata Luhut, pihaknya belum dapat memastikan hal tersebut. Meski demikian, Elon dinilai memiliki ketertarikan menanamkan modal di Indonesia.

“Kita lihat besok saya akan bincang-bincang sama dia (Elon). Yang sudah pasti Starlink dia (Elon) beroperasi di Indonesia. Dan dia melihat Indonesia untuk investasi, dia yang menjanjikan,” ujar Luhut.

Baca Juga :   Komisi XI dan Pemerintah Sepakati Asumsi Dasar KEM PPKF RAPBN 2024

Sebelumnya, Luhut mengatakan, sebanyak 120 proyek strategis terkait air dan sanitasi bernilai US$ 9,4 miliar akan disepakati dalam WWF ke-10 2024 yang diselenggarakan pada 18-25 Mei 2024.

“Termasuk tindak lanjut dari inisiatif Indonesia di G20 tahun 2022 yaitu G20 Bali Global Blended Finance Alliance (GBFA) yang akan mendukung pendanaan untuk aksi iklim termasuk mengatasi krisis air,” ujarnya.

Selain itu, kata Luhut, WWF 2024 akan dihadiri oleh 13.448 orang dari 148 negara. Adapun delegasi VVIP terdiri dari 8 kepala negara dan wakil kepala pemerintahan, 3 utusan khusus, dan 38 menteri.

Interest terhadap acara ini semakin meningkat. Terdapat juga anggota parlemen dari berbagai negara, perwakilan daerah, asosiasi, perusahaan swasta dan pemuda,” kata Luhut.

 

Leave a reply

Iconomics