Polri Antisipasi Lonjakan Arus Pemudik Lebaran 2024, Siapkan Personel, Pengamanan hingga Pos Layanan

0
14
Reporter: Rommy Yudhistira

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengambil langkah antisipatif dalam menghadapi lonjakan arus pemudik yang diprediksi meningkat dibandingkan 2023. Karena itu, Polri melakukan sejumlah persiapan dari sisi personel dan pos yang ditempatkan di beberapa titik.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, sebanyak 155.165 personel gabungan akan dikerahkan untuk memastikan mudik agar berjalan dengan aman dan lancar. “Serta disiapkan 5.784 pos, baik itu pos (pengamanan), pos pelayanan, juga pos terpadu untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat atau pemudik,” kata Trunoyudo saat membuka acara dialog publik di Hotel Grand Menteng, Jakarta, Selasa (2/4).

Menurut Trunoyudo, ada beberapa faktor yang menyebabkan peningkatan jumlah arus mudik. Semisal, membaiknya kualitas pelayanan, akses transportasi publik, serta adanya kebijakan manajemen informasi, dan pengaturan arus mudik yang semakin transparan. “Tentunya kita harapkan akan terus lebih baik dan berkesinambungan, karena peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat juga dipengaruhi oleh meningkatnya jumlah pemudik 2024,” ujarnya.

Aspek lainnya, kata Trunoyudo, peningkatan arus mudik akan berdampak positif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Belanja konsumsi masyarakat dinilai dapat memicu terjadinya pergerakan ekonomi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga :   Beroperasi Tidak Sesuai Izin, Jombingo Diblokir Satgas

Atas dasar tersebut, kata Trunoyudo, pemerintah menjadikan program dan kebijakan arus mudik Lebaran 2024 seagai perhatian khusus. Juga sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dalam memberikan layanan dan informasi publik.

“Juga merupakan bukti bahwa negara selalu hadir dalam setiap momen penting hari raya besar keagamaan nasional,” ujarnya.

Sejalan dengan hal itu, kata Trunoyudo, Polri akan berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait agar pelaksanaan mudik di tahun ini berjalan dengan baik. Juga melakukan pendekatan kolaboratif dengan melibatkan masyarakat untuk mendorong peningkatan kualitas layanan publik.

“Oleh karena itu dalam rangka penguatan informasi publik melalui penyebarluasan informasi kepada masyarakat diharapkan kebijakan arus mudik Lebaran 2024 berjalan dengan lancar, dan optimal, sehingga tercipta mudik ceria penuh makna,” katanya.

Sebagai informasi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa potensi pergerakan masyarakat selama masa angkutan lebaran sebanyak 193,6 juta orang. Angka tersebut meningkat secara signifikan apabila dibandingkan dengan pergerakan masyarakat di tahun sebelumnya. Sementara itu, Kapolri Listyo Sigit Prabowo menyebutkan bahwa jumlah pemudik pada momen Lebaran tahun ini mengalami peningkatan sebesar 56%.

Leave a reply

Iconomics