Oikocredit Umumkan Pembiayaan Setara Rp 42 M kepada Validus Lewat Batumbu Dukung UMKM di Indonesia

0
29
Reporter: Kristian Ginting

Oikocredit, investor sosial, dan Validus Group, sebuah platform pembiayaan digital berbasis di Singapura, telah bekerja sama untuk menyediakan pembiayaan yang mudah diakses dan terjangkau kepada usaha kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Pembiayaan sebesar EUR 2,4 juta, yang jatuh tempo pada 2027, akan memungkinkan Batumbu sebagai perpanjangan tangan Validus, untuk memperluas jangkauannya dan mendukung lebih banyak bisnis lokal.

Validus adalah mitra baru Oikocredit. Perusahaan financial technology (fintech) ini menggunakan data properti dan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan pembiayaan di sektor UMKM yang berkembang dengan tujuan meningkatkan produktivitas. Sejak berdiri pada 2015, Validus telah menyalurkan lebih dari US$ 3,5 miliar dalam bentuk pinjaman kepada bisnis kecil di seluruh Asia Tenggara.

Usaha kecil di Indonesia, seperti di pasar lainnya, kesulitan mengakses dana dari lembaga perbankan komersial untuk kebutuhan modal kerja mereka, terutama karena masalah data dan risiko. Validus membantu menutup kesenjangan ini dengan produk keuangan yang disesuaikan untuk UMKM dan model penilaian kredit alternatif.

Baca Juga :   Pemerintah Lakukan Segmentasi untuk Kebijakan Penjaminan Kredit

Pembiayaan ini merupakan pembiayaan pertama dari Oikocredit di Asia Tenggara. Kolaborasi ini menegaskan komitmen tanggung jawab kedua organisasi yang bertanggung jawab pada keuangan dan inklusi. Selain itu, kolaborasi ini juga bertujuan untuk memberdayakan UMKM berkembang di Indonesia yang merupakan bagian dari rantai pasokan perusahaan besar di sektor barang konsumsi cepat, retail, dan farmasi, serta mempromosikan pertumbuhan bisnis dan pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia.

“Kami senang bermitra dengan Validus Group untuk mendukung basis UMKM Indonesia yang luas. Strategi Validus yang didorong teknologi dan data untuk pinjaman UMKM dapat mengubah permainan. Dengan kolaborasi Validus dan Batumbu untuk memperluas kapasitas pemberian pinjaman mereka, kami dapat bersama-sama mendukung lebih banyak usaha kecil untuk tumbuh dan berkembang, sekaligus berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia dan masyarakatnya,” kata Direktur Impact & Investasi Oikocredit Dave Smit dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (10/7).

Sementara itu, Direktur dan Wakil CEO Batumbu Reza Perazi Armadi menambahkan kemitraan dengan Oikocredit merupakan tonggak penting sebagai upaya mengatasi kesenjangan pembiayaan UMKM di Indonesia. Dengan dukungan Oikocredit, Batumbu akan lebih baik posisinya dalam menawarkan solusi pembiayaan yang disesuaikan untuk UMKM berkembang di beberapa provinsi Indonesia.

Baca Juga :   2 Stimulus dari PLN untuk UMKM di Masa Covid-19

“Jika dilihat keberadaan perbankan saat ini dalam mendorong inklusi keuangan dan memajukan kewirausahaan masih belum sepenuhnya bisa diandalkan. Bersama-sama, kami bertujuan untuk menciptakan dampak yang berkelanjutan bagi ekonomi Indonesia,” kata Reza.

UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Asia Tenggara. UMKM menyumbang total 97% dari keseluruhan bisnis dan menyerap lebih dari separuh tenaga kerja di Asia Tenggara. Meski peran mereka krusial, UMKM mayoritas menghadapi tantangan besar dalam mengakses pembiayaan formal. Banyak usaha kecil berjuang untuk mengamankan dana yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pengembangan bisnis mereka.

Sebagai informasi, Validus Group merupakan platform pembiayaan digital terkemuka untuk UMKM di Asia Tenggara dan berbasis di Singapura. Berdiri pada 2015, Validus memanfaatkan analitis data dan teknologi untuk menyediakan pembiayaan yang efisien, terjangkau, dan mudah diakses bagi usaha kecil. Melalui anak perusahaannya, termasuk Batumbu di Indonesia, Validus telah menyalurkan lebih dari US$ 3,5 miliar dalam bentuk pinjaman hingga saat ini, yang secara signifikan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan ketahanan UMKM di seluruh wilayah tersebut.

Baca Juga :   Soal Relaksasi Kredit Nasabah, Bagaimana FIF, MTF dan AFI Merealisasikannya?

Sedangkan Oikocredit adalah social impact investor dan koperasi global yang memiliki pengalaman hampir 5 dekade dalam mendanai organisasi yang aktif dalam inklusi keuangan, pertanian, dan energi terbarukan. Pinjaman, investasi ekuitas, dan pembangunan kapasitas Oikocredit bertujuan untuk memungkinkan orang dengan pendapatan rendah di Afrika, Asia, dan Amerika Latin untuk meningkatkan standar hidup mereka secara berkelanjutan.

 

Leave a reply

Iconomics