Sang Hyang Seri Peroleh Kontrak Penyaluran Benih Padi untuk Sawah Lebih Dari 113 Ribu Hektar

0
19

PT Sang Hyang Seri (SHS) berhasil melakukan kontrak kerja sama penyaluran bantuan benih padi pemerintah untuk kebutuhan lahan sawah seluas 113.702 hektar atau setara 2.842.574 kilogram (kg) benih.

Direktur Utama SHS Adhi Cahyono Nugroh mengatakan hingga semester pertama tahun 2024, SHS tercatat telah berhasil menyalurkan 2.346.300 kg benih padi. Jumlah tersebut setara dengan kebutuhan benih bagi sawah seluas 93.852 hektar.

“Di sepanjang semester pertama tahun ini kami telah berhasil menyalurkan sebanyak 83% dari target total penyaluran. Ini merupakan pencapaian signifikan bagi perseroan dalam berkontribusi mendukung ketahanan pangan nasional,” kata Adhi dalam keterangan resminya.

Bantuan benih padi tersebut disalurkan ke 17 provinsi. Menurut Adhi, ketujuh belas provinsi yang mendapatkan penyaluran bantuan benih yaitu, Aceh, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara.

Penyaluran bantuan benih padi pemerintah tersebut, menurut Adhi, merupakan hasil kolaborasi dari banyak pihak khususnya Kementerian Pertanian RI dan Dinas Pertanian Daerah.

Baca Juga :   PT Sang Hyang Seri Salurkan Bantuan Benih Padi Lebih dari 2,3 Kg Benih di Semester I/2024

“Dalam hal ini SHS bertugas sebagai operator pemasok benih padi melalui proses pengadaan yang fair melalui e-Katalog dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP),” tuturnya.

Ia mengungkapkan benih padi yang disalurkan didominasi oleh varietas inpari 32 yang terkenal dengan produktivitas tinggi dan ketahanan terhadap hama. Selain itu, benih inpari IR Nutrizinc juga ikut turut disalurkan untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung program ketahanan pangan pemerintah dengan menyediakan benih padi berkualitas tinggi dan memastikan distribusinya tepat waktu,” kata Adhi

Adhi meyakini dengan dukungan dari pemerintah dan petani di seluruh Indonesia, SHS optimistis dapat mencapai target distribusi 2.842.574 kg benih padi, untuk 113.702 hektar lahan sawah hingga akhir tahun 2024.

“Kami komitmen dan optimistis untuk memastikan penugasan ini berjalan sesuai target. Mengingat ini merupakan program yang sangat naik dan penting untuk meningkatkan produktivitas dan menjaga stabilitas beras nasional,” terangnya.

Leave a reply

Iconomics