Peringati Hari Buruh, Presiden Jokowi Ungkapkan Upaya Pemerintah Meningkatkan Kesejahteraan Buruh

0
220
Reporter: Rommy Yudhistira

Presiden Joko Widodo ingin memanfaatkan momen peringatan Hari Buruh Internasional untuk memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan para pekerja atau buruh yang ada di Indonesia.

Upaya peningkatan tersebut, kata Jokowi, terlihat dari usaha pemerintah untuk mengundang investasi baik dari dalam maupun luar negeri, sehingga diharapkan dapat menambah kesempatan kerja, mengurangi pengangguran, serta meningkatkan kesejahteraan buruh dan tenaga kerja.

“Momentum ini harus kita manfaatkan untuk terus memperluas kesempatan kerja, meningkatkan kesejahteraan buruh dan pekerja, melindungi hak buruh dan pekerja, serta meningkatkan produktivitas dan daya saing nasional,” kata Jokowi saat memberikan sambutan secara virtual dalam puncak peringatan Hari Buruh internasional di PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI), Jakarta pada Senin (01/05/2023).

Selain itu, Jokowi menjelaskan peningkatan juga dilakukan dari sisi kualitas sumber daya manusia, terutama melalui pengembangan pendidikan vokasi nasional yang terus dilakukan oleh pemerintah.

“Upaya upscaling dan rescaling buruh dan tenaga kerja juga harus terus dilakukan melalui program pra kerja serta melalui balai latihan kerja yang dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, dan industri,” ucapnya.

Baca Juga :   Datang ke GIIAS, Presiden Jokowi Tekankan Pembangunan Ekosistem Mobil Ramah Lingkungan

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bahwa dengan mengangkat tema ‘Merajut Kebersamaan di Hari yang Fitri’, peringatan May Day 2023 juga dapat menjadi momentum dalam membangun sinergi untuk mewujudkan Indonesia yang maju.

Dalam laporannya, Ida menyampaikan bahwa perayaan Hari Buruh tahun ini berjalan dengan lancar dan kondusif. Atas dasar itu, Ida memberikan apresiasi terhadap seluruh elemen buruh yang merayakan Hari Buruh dengan lancar dan tertib.

“Rangkaian perayaan May Day 2023 berjalan lancar dan kondusif, saya sempat pantau di radio ada beberapa kemacetan di beberapa titik, tapi secara umum May Day berjalan dengan kondusif. Saya kasih aplaus kepada teman-teman konfederasi yang merayakan dengan penuh kebahagiaan, kebersamaan yang luar biasa,” ucapnya.

Lebih lanjut, mewakili pemerintah, Ida memberikan ucapan selamat kepada seluruh pekerja atau buruh yang merayakan Hari Buruh Internasional 2023.

“Selamat Hari Buruh internasional kepada seluruh pekerja atau buruh di seluruh Indonesia,” tutur Ida.

Leave a reply

Iconomics