Presiden Jokowi Jelaskan Gambaran IKN Baru

0
671

Presiden Joko Widodo kembali menegaskan arah pembangunan ibu kota negara baru di Kalimantan Timur. Ia mengatakan ibu kota baru ini adalah bagian dari transformasi besar-besaran yang ingin dilakukan. Ditegaskan, bahwa pembangunan ibu kota baru ini bukan semata-mata memindahkan fisik kantor-kantor pemerintahan.

“Tujuan utama adalah membangun kota baru yang smart, kota baru yang kompetitif di tingkat global, membangun sebuah lokomotif baru untuk transformasi negara kita Indonesia menuju sebuah Indonesia yang berbasis inovasi dan berbasis teknologi yang berbasis green economy. Karena dari sinilah kita akan memulai,” kata Presiden saat pidato Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan, pada Senin (17/01/2022).

Presiden Jokowi menyebut secara fisik pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur ini harus dijadikan momentum untuk membangun sebuah kota yang sehat, kota yang efisien, kota yang produktif, yang dirancang sejak awal. Tak hanya itu, warganya bisa dekat menjangkaunya, warganya ke mana-mana bisa naik sepeda maupun jalan kaki, karena zero emission.

Menurut Presiden, ibu kota negara yang baru ini bukan sekadar kota yang berisi kantor-kantor pemerintahan, tetapi ingin membangun sebuah new smart metropolis yang mampu menjadi magnet, menjadi global talent magnet, menjadi pusat inovasi.

Leave a reply

Iconomics