Anggota BUMN Kluster Pangan Ini Panen Bulir Sorgum 3,5 Ton dan Batangnya 35 Ton Per Hektare

0
191
Reporter: Rommy Yudhistira

PT Sang Hyang Seri sebagai bagian dari BUMN kluster pangan ID Food berhasil memproduksi 3,5 ton bulir sorgum dan 35 ton per hektare sebagai hasil panen. Produktivitas sorgum di Indonesia disebut telah mencapai 2 ton per hektare, sementara produksi dunia baru mencapai 2,7 ton per hektare.

“Keberhasilan PT Sang Hyang Seri ini dicapai lewat penerapan praktik pertanian terbaik. Juga pemilihan varietas sorgum yang unggul dalam pengelolaan lahan pertanian,” kata Direktur Utama Sang Hyang Seri Adhi Cahyono Nugroho dalam keterangan resminya pada Jumat (12/1).

Adhi mengatakan, Sang Hyang Seri berkomitmen menerapkan prinsip-prinsip pertanian berkelanjutan, yang mencakup pelestarian lingkungan, penggunaan sumber daya efisien, dan meningkatkan kesejahteraan petani. Karena itu, dari hasil panen tersebut bisa memberikan dampak positif tidak hanya untuk perusahaan, tapi juga untuk komoditas sorgum di Indonesia.

Untuk batang sorgum, kata Adhi, memiliki manfaat untuk pakan ternak, bioenergi, dan meningkatkan kesuburan tanah, serta erosi. Sementara bulir sorgum juga bermanfaat untuk sumber pangan manusia, pakan ternak, hingga industri minuman.

Baca Juga :   Selama Mudik Lebaran 2024, 72.277 Kendaraan Singgah di KM 260B Banjaratna, Rest Area Milik PT PP

Masih kata Adhi, pihaknya bangga dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang terlibat dalam pencapaian ini. Sang Hyang Seri karena itu mengapresiasi petani yang telah mendukung, dan bekerja sama dengan perusahaan.

“Dengan hasil panen yang baik ini, kami semakin termotivasi untuk terus berinovasi dan berkontribusi pada ketahanan pangan nasional. Keberhasilan ini juga menjadi bukti nyata komitmen kami dalam mendukung petani dan menjaga keseimbangan lingkungan,” katanya.

Leave a reply

Iconomics