Deputi Rudy Salahuddin Diangkat Jadi Pj Gubernur Gorontalo, Simak Sepak Terjangnya

0
125

Salah seorang Pejabat Eselon 1 Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yakni Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Mohammad Rudy Salahuddin diberi kepercayaan untuk mengampu jabatan sebagai Pj Gubernur Gorontalo.

“Tentu berterima kasih kepada Pak Mendagri dan Pak Presiden karena salah satu Eselon 1 di Kemenko Perekonomian diberi kepercayaan untuk menjadi Pj Gubernur. Tentu ini akan menambah wawasan operasional daerah dan juga manfaat untuk kantor kementerian,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Jumat (17/05).

Mengutip informasi dari laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rudy Salahuddin menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sejak 2020. Ia pernah menduduki posisi sebagai Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian periode 2015-2020.

Selain itu, ia pernah juga menjadi Direktur Perencanaan Infrastruktur Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 2014-2015; Direktur Pengembangan Promosi BKPM pada 2007-2010 dan 2012-2014; Direktur Perencanaan Jasa dan Kawasan BPKM pada 2011-2012; Direktur Pameran dan Sarana Promosi BKPM pada 2010-2011.

Baca Juga :   Menko Airlangga: Hasil Evaluasi 5 Hari akan Menjadi Dasar Pembukaan PPKM Secara Bertahap

Ia juga pernah di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Pengembangan dan Pemanfaatan Energi Bappenas pada 2006-2007; dan Kepala Subdirektorat Pos dan Telematika Bappenas pada 2002-2006.

Rudy juga pernah menjadi Dewan Pengawas dan Komisaris di beberapa BUMN dan perusahaan, yakni di antaranya Perum PERURI, PT PLN (Persero), PT SUCOFINDO (Persero), PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk., dan PT PNM Venture Capital, serta menjadi dosen di beberapa perguruan tinggi di Jakarta.

Di samping mengemban amanah sebagai Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, ia juga tercatat sebagai Anggota Dewan Pengupahan Nasional masa jabatan 2023-2026, Ketua Tim Pelaksana Program Kartu Prakerja, serta sebagai Komisaris PT Jasa Raharja.

Selain Deputi Rudy, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dalam kesempatan tersebut secara resmi juga melantik Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Samsuddin Abdul Kadir sebagai Pj Gubernur Maluku Utara, Sekretaris Daerah Provinsi Banten Al Muktabar sebagai PJ Gubernur Banten, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar Baharuddin sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat, dan Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Zudan Arif Fakrulloh sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan. Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 60/P Tahun 2024.

Leave a reply

Iconomics