Hutama Karya akan Segera Operasikan Seksi II Tol Indrapura-Kisaran

0
22

PT Hutama Karya (Persero) akan mengoperasikan Tol Indrapura-Kisaran Seksi II (Lima Puluh–Kisaran) sepanjang 32,15 Km dalam waktu dekat. Seksi ruas tol ini sambungan dari Tol Indrapura–Kisaran Seksi I (Indrapura–Lima Puluh) yang telah dioperasikan sejak 10 November 2023.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengatakan bahwa dengan dioperasikannya seksi II ini, Ruas Indrapura–Kisaran akan terhubung secara penuh. Dengan demikian, manfaat dari kehadiran ruas ini pun akan semakin nyata, khususnya terkait kemudahan konektivitas antar kota.

Ia mengatakan dengan terhubung secara penuh, tol ini akan mempersingkat waktu tempuh dari arah Medan menuju Kisaran yang semula 5 jam menjadi hanya 2,5 jam saja dan memudahkan pelancong dari arah bandara atau sebaliknya.

Menurut Adjib, seksi II dari tol ini telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 29 Februari hingga 31 Maret 2024 lalu dengan hasil Standar Pelayanan Minimal (SPM) telah terpenuhi dan berfungsi dengan baik. Jalan tol ini juga telah diuji coba dengan dioperasikan secara fungsional pada Mudik Lebaran 2024 kemarin selama lebih dari 2 minggu, 3–21 April 2024.

Baca Juga :   Diminta Tingkatkan Kinerja, Begini Penjelasan Dirut Krakatau Steel kepada Komisi VI

Selama masa sosialisasi, Seksi Lima Puluh–Kisaran ini masih belum dikenakan tarif atau belum berbayar, namun pengguna jalan tol tetap menyiapkan Kartu Uang Elektronik (UE) untuk tapping di gerbang tol dan tetap mengecek kecukupan saldo Kartu UE, dikarenakan untuk Seksi Indrapura–Lima Puluh telah ditetapkan tarif.

Adjib mengatakan tarif dari Seksi Lima Puluh – Kisaran diperkirakan sekitar Rp1.338/Km-nya.

Leave a reply

Iconomics