Soal Pilkada, PAN Berkomitmen Cari Sosok Pemimpin yang Mau Bangun Daerah

0
27
Reporter: Rommy Yudhistira

Dalam rangka menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Partai Amanat Nasional (PAN) berkomitmen mencari calon kepala daerah yang benar-benar ingin membangun daerahnya. Itu sebabnya, PAN sangat selektif menentukan sosok yang akan diusung di Pilkada 2024.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, pihaknya akan mencari calon pemimpin yang mau bekerja keras untuk daerahnya. Dan, PAN tidak akan meminta sesuatu kepada kepala daerah yang akan diusungnya.

“PAN tidak pernah minta proyek, tidak. Saudara bisa cek ada di bupati mana, DPR mana, gubernur mana yang kami minta proyek, tidak ada. Kami hanya minta penuhi janji-janjinya. Seperti matahari tidak pernah ingkar janji,” kata Zulkifli seusai menghadiri acara Rakornas PAN di JS Luwansa Hotel, Jakarta, Jumat (10/5).

Selanjutnya, kata Zulkifli, pihaknya berharap penyelenggaraan pilkada serentak dapat berjalan dengan baik seperti Pemilu 2024. Para calon kepala daerah diminta meniru transisi kepemimpinan Presiden Joko Widodo kepada Prabowo Subianto presiden terpilih 2024.

Transisi pemerintahan Presiden Jokowi ke Prabowo, kata Zulkifli, dapat berjalan dengan mulus, karena keduanya memiliki visi dan misi yang sama  menjadikan Indonesia lebih baik.

Baca Juga :   MA Batalkan Pasal PKPU tentang Usia Calon Kepala Daerah, Pemohonnya Partai Garuda

“Pertama kita minta contohlah Pak Jokowi, Pak Prabowo, dulu Bung Karno turun tidak enak, Pak Harto tidak enak, Gus Dur tidak enak. Lihat hubungannya Pak Prabowo dan Pak Jokowi. Pak Prabowo kalah ditarik, kerja sama yang luar biasa,” ujar Zulkifli.

Pada Pilkada 2024 ini, kata Zulkifli, PAN akan membuka ruang untuk bekerja sama dengan partai politik lainnya. Apalagi PAN sadar tidak dapat berjalan sendiri untuk memenangkan Pilkada 2024.

Untuk mensukseskan tujuan tersebut, kata Zulkifli, PAN membutuhkan kekuatan dari partai politik lainnya. “PAN tidak bisa sendiri, hanya daerah-daerah tertentu bisa sendiri. Lainnya Kita perlu koalisi bareng-bareng. Tentu kita mencari yang terbaik untuk daerah itu, untuk kemajuan daerah itu, untuk kemajuan Indonesia,” ujarnya.

Leave a reply

Iconomics