Resmi Jadi Pengendali Mandala Finance, MUFG Bank, Ltd Kian Kukuh di Industri Pembiayaan Indonesia

0
207

Bank asal Jepang, MUFG Bank, Ltd kian kukuh di industri pembiayaan Indonesia, setelah tiga perushaan pembiayaan di Indonesia resmi berada dalam naungannya.

Terbaru, Rapat Umum Pemegan Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Mandala Multifinance Tbk (MFIN) menyetujui pengambilalihan 80,61% sahamnya oleh MUFG Bank, Ltd dan afiliasnya PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF).

“Menyetujui perubahan pemegang saham pengendali Perseroan dengan cara pengambilalihan Perseroan oleh MUFG Bank, Ltd dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk,” demikian tertulis dan ringkasan risalah RUPS-LB Mandala Finance, yang dipublikasikan pada, Kamis, 15 Februari 2024 di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dengan keputusan RUPS-LB tersebut, maka kini MUFG Bank, Ltd memiliki 70,61% saham Mandala  Finance. Sementara, Adira Finance memiliki 10%. Sisanya, yaitu 19,39% dimiliki masyarakat atau investor publik.

Adira Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang 92,02% sahamnya dimiliki oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN). Sebanyak 92,47% saham Bank Danamon dimiliki oleh MUFG Bank, Ltd.

Aksi korporasi pengambilalihan saham Mandala Finace sudah diumumkan kepada publik pada akhir Juni 2023 lalu oleh Adira Finance.

Baca Juga :   Adira Finance Restrukturisasi Kredit Pelanggan Terdampak Covid-19 Senilai Rp 205 M

MUFG Bank, Ltd. dan Adira Finance menguasai Mandala Finance dengan mengakuisisi saham PT Jayamandiri Gemasejati serta beberapa pemegang saham lainnya.

Para pihak ini menandatangani perjanjian jual beli bersyarat pada 23 Juni 2023. Untuk nilai transaksi 10% saham yang diakuisisi Adira Finance senilai Rp873,7 miliar.

Mandala Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang berdiri sejak tahun 1983. Semula bernama PT Vidya Cipta Leasing Corporation, tahun 1997 kemudian berganti nama menjadi PT Mandala Finance.

Kegiatan usaha utama Mandala Finance adalah dalam bidang pembiayaan dan pembiayaan berdasarkan prinsip syariah, yang meliputi pembiayaan investasi, pembiayaan modal kerja dan pembiayaan multiguna.

Per September 2023, Mandala Finance memiliki total aset Rp6,77 triliun. Pada periode tersebut, Mandala Finance membukukan pendapatan sebesar Rp1,65 triliun dan mengantongi laba tahun berjalan sebesar Rp364,5 miliar.

Dengan resmi menjadi pengendali Mandala Finance, kini MUFG Bank, Ltd. menguasai tiga perusahaan pembiayaan di Indoenesia. Selain Adira Finance, satu lagi adalah PT Home Credit Indonesia.

Home Credit Indonesia menjadi anggota keluarga MUFG Bank, Ltd. sejak akhir 2022 lalu. Pada November 2022, MUFG Bank, Ltd. melalui Bank of Ayudhya Public Company Limited (Krungsri) yang berbasis Thailand dan Adira Finance mengakuisisi 85% saham Home Credit dari Home Credit Indonesia B.V., masing-masing Adira 10% dan Krungsri 75%.

Leave a reply

Iconomics