PDI Perjuangan Pastikan Jokowi Tidak Memihak Prabowo di Pilpres 2024

0
179
Reporter: Rommy Yudhistira

PDI Perjuangan memastikan Presiden Joko Widodo tidak memihak Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Apalagi Jokowi disebut sebagai kader PDI Perjuangan.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, tindakan Jokowi menjalin hubungan dengan nama-nama yang maju sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) sebagai upaya menjaga tongkat estafet kepemimpinan selepas 2024.

“Pak Jokowi dalam kapasitas sebagai presiden ingin memastikan agar proses pergantian kepemimpinan berjalan ke depan berjalan dengan baik. Jadi kita dukung sikap Presiden Jokowi,” kata Hasto beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, kata Hasto,  apa yang dilakukan oleh Jokowi tidak terlepas dari kebijakan partai dan itu terlihat dari arahan-arahan yang diberikannya dalam Rakernas ke-3 PDI Perjuangan yang lalu. Di samping itu, PDi Perjuangan akan mengumumkan bakal cawapres yang mendampingi Ganjar Pranowo sekitar September 2023.

Periode Juli hingga Agustus 2023, kata Hasto, menjadi momentum bagi PDI Perjuangan untuk mendalami nama-nama yang sudah masuk dalam radar sebelumnya. Dari beberapa aspek dan bahan pertimbangan, salah satu yang diprioritaskan PDI Perjuangan dalam menentukan sosok pendamping Ganjar yakni tingkat elektoral dari calon tersebut.

Baca Juga :   Anggota KPU Ini Nilai Peran Perempuan Penting di Pemilu 2024, Begini Alasannya

“Dengan demikian, kesatupaduan dwitunggal kepemimpinan Pak Ganjar dengan wakilnya nanti yang akan mendampingi dipastikan mendapatkan dukungan terbesar dari rakyat Indonesia sehingga dapat memenangkan pemilu,” ujar Hasto.

Masih kata Hasto, nantinya apabila sudah dipilih satu nama yang akan mendampingi Ganjar, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan kembali berkoordinasi dengan seluruh ketua umum partai politik yang bekerja sama dan Jokowi.

“Tentu saja ini menjadi kewenangan Ibu Ketua Umum (Megawati). Jadi kita tunggu momentum yang tepat,” ujar Hasto.

Leave a reply

Iconomics