Spot Wisata dan Kuliner di Sekitar Tol Trans Sumatera

0
21

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengatakan bahwa kuliner dan wisata setiap daerah di Pulau Sumatra sangat beragam dan memiliki keunikan masing-masing yang wajib disinggahi.

Bagi pemudik yang sedang berada di Lampung, mengajak keluarga berlibur serta menginap satu hari di Palembang dapat menjadi opsi yang bagus.

Menurutnya, pemudik dapat melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dari arah Lampung ke Palembang untuk mempersingkat waktu, yakni melalui Tol Bakauheni – Terbanggi Besar, Tol Terbanggi Besar – Kayu Agung, dan Tol Kayuagung – Kramasan dengan tarif sebesar Rp410.000.

Ia menyebut sejumlah wisata kuliner dapat menjadi pilihan menarik saat liburan di Palembang, salah satu yang perlu dicicipi adalah Pempek Sentosa. Berlokasi di Jl Ahmad Yani No.14. Restoran ini menyajikan sebanyak 9 jenis pempek dan beragam hidangan Palembang lengkap. Restoran ini juga berjarak 10 menit dari Gerbang Tol (GT) Palembang, Tol Palembang – Indralaya. Bagi pemudik di Indralaya yang ingin kulineran di Palembang, dapat mampir ke restoran ini dengan melintasi Tol Palembang – Indralaya seharga Rp27.000.

Baca Juga :   Kementerian BUMN Minta Dukungan Rencana IPO 4 Perusahaan Energi dan Pangan

Jika pengguna jalan tol mencari tempat makan khas yang instagramable, dapat mengunjungi Pindang Mbok Yah yang berlokasi di Jl. Sekanak No. 22 yang juga berjarak sekitar 10 menit dari GT Palembang. Selain Pindang Iwak Patin dan Pindang Tulang-nya yang menggugah selera, restoran ini juga memiliki konsep rumah makan terapung berupa perahu Kajang atau salah satu jenis perahu dengan atap seng diatasnya yang di cat warna warni sehingga menambah nilai estetika dari tempat makan ini. Selain kuliner, pemudik dapat menghabiskan waktu seharian dengan mengunjungi Jembatan Ampera, mencoba LRT Palembang, hingga sholat di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Palembang.

Bagi pemudik yang berada di Pekanbaru, dapat mengajak keluarga mengunjungi Kota Dumai melalui Tol Pekanbaru – Dumai. Di Dumai, pemudik dan keluarga dapat mencoba suasana makan di pinggir pantai sambil menikmati makanan laut di Resto Kampung Nelayan yang terletak di Jl. Soekarno – Hatta, sekitar 40 menit dari GT Dumai dengan merogoh kocek saldo Kartu UE untuk tarif tol sebesar Rp171.500, setelah itu di Kota Dumai pengguna jalan tol juga bisa mengunjungi wisata alam Pantai Teluk Makmur atau Hutan Mangrove Dumai.

Baca Juga :   Ini yang Dilakukan Kejagung untuk Tentukan Tersangka Kasus Jiwasraya

Bagi pengguna jalan tol dari arah Dumai ke Pekanbaru yang ingin merasakan sensasi berlibur bak keliling Asia, pengguna jalan tol dapat mengunjungi wisata Asia Heritage yang terletak sekitar 5 menit saja dari GT Pekanbaru tepatnya berlokasi di Jl. Yos Sudarso No.12 atau dapat menyantap masakan khas melayu di Pondok Gurih Alas Daun atau RM. Patin Yunus.

Di Provinsi Sumatra Utara, pemudik yang berada di wilayah Tebing Tinggi atau Indrapura yang ingin ke daerah Kisaran, dapat mampir ke Rumah Makan 100 untuk mencicipi masakan khas Melayu mulai dari Ikan Kerapu Gulai Asam hingga Ikan Pari Bakar yang dicocol dengan cabai yang disiram kecap dengan cita rasa yang legit. RM 100 ini berada di Jl Medan-Kisaran KM 100, Batubara atau sekitar 15 menit dari GT Lima Puluh, sehingga pengguna jalan tol harus memastikan memiliki saldo Kartu UE sebanyak Rp20.500 melintasi jalan tol tersebut. Sedangkan bagi pengguna jalan tol yang ingin piknik bersama keluarga dapat mengunjungi Danau Kelapa Gading dengan tiket masuk gratis di daerah Kisaran Naga atau sekitar 10 menit dari GT Kisaran dengan saldo yang sama, dikarenakan Tol Indrapura – Kisaran Seksi Lima Puluh – Kisaran masih beroperasi secara fungsional sehingga masih belum bertarif.

Baca Juga :   Antam dan CBL Selesaikan Transaksi Jual-Beli Saham Bersyarat, Bahlil Sebut Nilai Investasinya Sampai Rp90 Triliun

“Kami berharap dengan sejumlah fasilitas di jalan tol yang telah beroperasi dapat bermanfaat dan membuat perjalanan menjadi lebih seru dan menyenangkan sehingga pemudik memiliki cerita baru saat kembali ke kota masing-masing yang membuat liburan ini menjadi berkesan,” kata Adjib dalam keterangan resmi.

Leave a reply

Iconomics