Pasca Serangan Israel ke Damaskus, Kemlu Sebut Tidak Ada WNI di Israel dan Iran yang Terdampak

0
15

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memantau eskalasi perkembangan di kawasan Timur Tengah pasca serangan Israel ke fasilitas diplomatik Iran di Damaskus.

Kemlu terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan KBRI Amman, KBRI Tehran Perwakilan RI lainnya di Timur Tengah. Kemlu memastikan situasi para WNI yang tinggal di kawasan tersebut.

KBRI Amman telah menjalin komunikasi dengan para WNI yang menetap di wilayah Israel.  Hingga saat ini tidak ada informasi WNI yang terdampak dalam serangan balasan Iran ke Israel pada tanggal 14 April 2024.

Kemlu menyampaikan berdasar database KBRI Amman mencatat terdapat 115 WNI yang berada di Israel. Mayoritas menetap di Jerussalem, Tel Aviv dan Arava. Sedangkan KBRI Tehran mencatat terdapat 376 WNI yang menetap di Iran. Mayoritas adalah pelajar/mahasiswa di kota Qom.

Sebelumnya pada tanggal 13 April 2024, Kementerian Luar Negeri telah sampaikan imbauan kepada para WNI untuk tingkatkan kewaspadaan dan menunda perjalanan ke Iran dan Israel. Kemlu mengimbau agar WNI di wilayah Iran, Israel dan Palestina untuk  meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi terjadinya eskalasi keamanan.

Baca Juga :   DPR Dukung Rencana Kemenlu Panggil Perwakilan PBB soal Pernyataan KUHP

Bagi  WNI yang belum melakukan lapor diri, agar segera menghubungi Perwakilan RI terdekat atau melakukan lapor diri secara online di peduliwni.kemlu.go.id.

Kemlu mengimbau agar WNI yang memiliki rencana untuk melakukan perjalanan ke Israel atau Iran, sekiranya tidak mendesak untuk menunda perjalanan.

Leave a reply

Iconomics