Jokowi Akan Lantik Menkominfo Baru dan Sejumlah Wamen, Ini Perkiraan Nama-Namanya

1
345
Reporter: Kristian Ginting

Presiden Joko Widodo disebut akan melantik menteri komunikasi dan informatika (Menkominfo) yang definitif menggantikan Johnny G. Plate yang tersandung kasus korupsi proyek BTS 4G Bakti. Pelantikan Menkominfo yang baru itu akan dilakukan pada jam 09.00 WIB.

Soal ini, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD membenarkannya. Mahfud yang menjadi Plt. Menkominfo menyebutkan, selepas pelantikan di Istana Negara, maka serah terima jabatan akan dilakukan di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 11.30 WIB.

Sosok yang akan menggantikan Johnny Plate, Mahfud enggan mengungkapkannya. “Besok (Senin, namanya) akan diumumkan di Istana,” kata Mahfud di berbagai pemberitaan, Minggu (16/7).

Di samping Menkominfo, beredar informasi, Presiden Jokowi juga akan melantik sejumlah wakil menteri. Untuk nama Menkominfo sendiri beredar nama Budi Arie yang saat ini menjabat Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sekaligus Ketua Umum Projo, relawan setia Jokowi.

Kemudian, ada nama Nezar Patria mantan wartawan Tempo ini disebut akan menjabat Wakil Menteri Kominfo. Nezar saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Menteri BUMN. Lalu ada nama Profesor Paiman yang diduga Rektor Universitas Moestopo akan menggantikan posisi Budi Arie sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Baca Juga :   Presiden Perintahkan JHT Dipermudah, Menaker akan Revisi Permenaker JHT

Selanjutnya, ada nama Rosan Perkasa Roeslani yang saat ini menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS) menjadi Wakil Menteri BUMN. Sementara Pahala Nugraha Mansury yang saat ini menjabat Wakil Menteri BUMN I akan dilantik menjadi Wakil Menteri Luar Negeri.

Kemudian, Presiden Jokowi akan melantik Wishnutama Kusubandio menjadi Dubes RI untuk AS menggantikan Rosan. Wishnutama diketahui sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Lalu, Gandi Sulistiyanto Soeherman yang saat ini menjabat sebagai Dubes RI untuk Korea Selatan akan dilantik menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

 

1 comment

Leave a reply

Iconomics