Menkominfo: Indonesia Tidak Ketinggalan Dalam Pengembangan Metaverse

0
444

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menilai metaverse saat ini makin menunjukkan signifikansi di dunia, bahkan Indonesia juga tidak tertinggal, sudah ada perusahaan yang mengembangkan teknologi metaverse.

“Pada tahun 2026 mendatang, diprediksi bahwa seperempat penduduk dunia akan menghabiskan paling tidak satu jam per hari di metaverse. Hal tersebut didorong oleh pesatnya pengadopsian teknologi metaverse baik di tingkat global, regional, dan juga nasional,” kata Menkominfo saat menyampaikan Keynote Speech Unpacking the Metaverse: Akselerasi Transformasi Digital dalam Menyambut Teknologi Masa Depan yang berlangsung di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Rabu (18/05/2022).

Menurut Menkominfo, negara-negara seperti Tiongkok, Korea Selatan, dan Barbados, telah mulai mengeksplorasi kebijakan pengembangan metaverse sebagai bagian integral dari negaranya.

“Negara Tiongkok menjajaki kebijakan metaverse dalam rencana pengembangan Kota Shanghai, negara Barbados telah mengumumkan inisiatif pembangunan kedutaan virtual di metaverse,” kata Menteri Johnny dalam keterangan tertulis.

Berdasar hasil studi Gartner tahun 2022, Menteri Johnny menjelaskan Korea Selatan telah membentuk “Metaverse Alliance” yang terdiri dari sektor industri dan akan membentuk “Metaverse Academy” di akhir tahun 2022. Ia mengatakan akademi itu untuk mencetak 40.000 ahli industri metaverse pada tahun 2026.

Baca Juga :   Muluskan Vaksinasi, Kemenkes dan Kementerian Kominfo Lakukan Integrasi Satu Data Covid-19

Berbagai perusahaan teknologi global seperti Meta, Microsoft, Epic Games, dan Tencent, juga telah mengembangkan research and development, produk, dan lini bisnis yang berkaitan dengan metaverse.

“Beberapa negara di ASEAN seperti Vietnam, Singapura, dan Thailand, sudah mulai menggarap proyek Metaverse di negaranya. Di Vietnam, sebuah perusahaan game NFT meraih kapitalisasi pasar sebesar US$8 miliar pada proyek uang kripto terkait Metaverse,” jelas Menkominfo.

Menurut Menteri Johnny, perusahaan BuzzAR asal Singapura mengakuisisi permainan simulasi VR dari Facebook dan menciptakan pengalaman bermain di dunia Metaverse. Ia juga mengatakan perusahaan SHR Ring dari Thailand mulai mengkaji penelitian terkait Identitas Digital di Metaverse.

Indonesia, menurut Menkominfo juga tidak ketinggalan. Saat ini, pengembangan kesiapan ekosistem metaverse juga terus didorong oleh berbagai pihak, termasuk oleh sektor swasta. “Sebagai contoh, PT WIR Group yang bekerja sama dengan Meta,” kata Menkominfo.

Leave a reply

Iconomics