MUI Imbau Tidak Beli Produk Pro Israel, Apa Respons Wapres Ma’ruf Amin?

0
133

Seruan memboikot dari berbagai pihak semakin meluas. Semakin diperkuat dengan keluarnya Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang Hukum Dukungan terhadap Perjuangan Palestina. Dalam fatwa, ada imbauan kepada umat Islam menghindari transaksi produk yang terafiliasi dengan Israel.

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin meresponsnya dengan meminta agar pihak yang berwenang dapat memilah produk-produk yang benar-benar mendukung dan terafiliasi dengan Israel.

“Memang itu nanti harus pemerintah atau pihak-pihak yang tertentu yang harus juga menyeleksi,” kata Wapres yang dikutip dalam keterangan resminya.

MUI sejauh ini tidak secara eksplisit mengeluarkan daftar perusahaan atau produk yang pro Israel maupun terafiliasi dengan Israel. Kekhawatirannya akan turut berimbas ke perusahaan atau produk yang sebenarnya tidak memiliki hubungan dengan Israel.

“Oleh karena itu, nanti ada pihak yang memberikan semacam [keterangan] bahwa ini yang termasuk, ini yang tidak termasuk,” katanya.

Wapres menjelaskan bahwa tujuan utama MUI mengeluarkan fatwa tersebut adalah untuk mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina dan menghentikan kebiadaban Israel di Gaza.

Leave a reply

Iconomics