Sebanyak 2,8 Juta Kendaraan Melintasi Ruas Tol yang Dikelola Astra Infra Periode 31 Maret-10 April 2024

0
17
Reporter: Rommy Yudhistira

Astra Infra mencatat sebanyak 2,8 juta kendaraan melintasi jalan tol yang dikelolanya sepanjang periode 31 Maret hingga 10 April 2024. Jumlah tersebut merupakan angka kumulatif dari berbagai ruas tol yang dikelola Astra Infra.

Ketua Gugus Tugas Lebaran Astra Infra Group Rinaldi mengatakan, tercatat sekitar 1,5 juta kendaraan melintas di ruas Tol Tangerang-Merak pada 31 Maret-10 April 2024. Puncak arus mudik terjadi pada 5 April 2024, dengan total 176 ribu kendaraan melintas di ruas jalan tol tersebut.

Kemudian, sebanyak 977 ribu kendaraan melintas pada periode tersebut, dengan puncak arus sebesar 134 ribu kendaraan yang terjadi pada 6 April 2024 di ruas Tol Cikopo-Palimanan. Sedangkan pada periode Lebaran atau pada 11 April 2024, Astra Infra mencatat sebanyak 93 ribu kendaraan melintas di ruas tol tersebut.

Selanjutnya, kata Rinaldi, Astra Infra mencatat 458 ribu kendaraan melintas di ruas Tol Jombang-Mojokerto mulai dari H-10 hingga hari H Lebaran 2024. Kondisi lalu lintas di kawasan itu pun terpantau ramai dan lancar sepanjang arus mudik Lebaran.

Baca Juga :   Survei SMRC: 82% Masyarakat Tolak Pemilu Diundur ke 2027

“Astra Infra mengapresiasi koordinasi dari seluruh stakeholders dalam mengupayakan kelancaran lalu lintas dan kenyamanan pengguna jalan selama arus mudik Lebaran,” kata Rinaldi dalam keterangan resminya pada Kamis (11/4) kemarin.

Menyambut kembalinya masyarakat selepas mudik Lebaran, kata Rinaldi, pihaknya telah mempersiapkan infrastruktur jalan, penyiagaan lebih dari 1.300 petugas yang dilengkapi armada patroli, derek, rescue, dan ambulance.

Selanjutnya, kata Rinaldi, Astra Infra pun berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, dan Korlantas Polri. Untuk mencegah terjadinya kepadatan, Astra Infra mengimbau pemudik menghindari tanggal yang diprediksi menjadi puncak arus balik berkisar 14-15 April 2024.

Pengguna jalan tol, kata Rinaldi, diminta mengutamakan keselamatan dengan menjaga batas kecepatan kendaraan. Jika mengantuk dan lelah, pengendara diminta untuk beristirahat.

“Kami akan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kami di arus balik lebaran, sehingga masyarakat bisa menikmati momen Lebaran dengan lebih nyaman, aman, dan menyenangkan,” kata Renaldi.

Leave a reply

Iconomics