Jasa Marga Sebut Pembangunan Tahap I Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Capai 35,84% hingga April 2024

0
28
Reporter: Rommy Yudhistira

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat progres pembangunan tahap 1 Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi telah mencapai 35,84% hingga April 2024. Proyek yang dikerjakan PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) yang merupakan anak usaha Jasa Marga terbagi dalam 3 paket pengerjaan yaitu paket 1 Gending Kraksaan, paket 2 Kraksaan-Paiton, dan paket 3 Paiton-Besuki.

Dalam hal  pembebasan lahan, kata Direktur Utama Jasamarga Probolinggo Banyuwangi Adi Prasetyanto, prosesnya telah mencapai 97,10% hingga April 2024. Capaian itu disebut sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022 di mana pembebasan lahan dan pembangunan jalan tol fokus pada ruas Probolinggo-Besuki.

Jika pembebasan lahan dapat berjalan sesuai target, kata Adi, pihaknya optimistis pengerjaan konstruksi pembangunan Tahap 1 Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Ruas Probolinggo-Besuki bisa rampung pada November 2024. “Secara keseluruhan, Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 175,78 KM terbagi menjadi 2 tahap pembangunan. Tahap I yang menghubungkan Probolinggo-Besuki sepanjang 49,68 KM, dan tahap II menghubungkan Besuki-Banyuwangi sepanjang 126,10 KM,” kata Adi dalam keterangan resminya pada Kamis (16/5).

Baca Juga :   Siap-siap, Tarif Baru Tol Palikanci, Semarang Seksi A,B, C dan Surgem

Dalam membangun konstruksi jalan tol, kata Adi, JPB bersama kontraktor pelaksana berkomitmen untuk memastikan keselamatan konstruksi, keselamatan kerja, keselamatan publik dan lingkungan. “PT JPB juga menjaga tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dalam proyek ini, sebanyak mungkin menggunakan sumber daya setempat dalam pekerjaan, termasuk penyediaan tenaga kerja, peralatan serta bahan dalam negeri,” ujar Adi.

Untuk pembangunan tahap 1 Probolinggo-Besuki, kata Adi, akan terdiri atas 3 gerbang tol (GT) yakni GT Kraksaan, GT Paiton, dan GT Besuki. Kemudian, ruas tol itu memiliki 3 simpang susun (SS) yakni SS Kraksaan, SS Paiton, dan SS Besuki. Jalur itu pun dilengkapi dengan 2 rest area yang terletak di kedua arah, arah Probolinggo dan arah Besuki.

“Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang dikelola oleh PT JPB selaku Badan Usaha Jalan Tol yang kepemilikan sahamnya dimiliki PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 94,93%, PT Brantas Abipraya (Persero) sebesar 5,00%, dan PT Waskita Toll Road sebesar 0,07%,” ujarnya.

Leave a reply

Iconomics