Pemerintah Lepas Ekspor Olahan Pertanian dari Bintan

0
105

Pelepasan ekspor olahan kelapa ke Eropa dari Bintan/Dok. Ekon

Pemerintah melakukan pelepasan ekspor produk pertanian olahan kelapa di Bintan, Kepulauan Riau ke Jerman pada Sabtu (26/09/2020). Kegiatan yang digawangi oleh Kementerian Pertanian ini diharapkan dapat mendorong para pelaku bisnis di provinsi Kepulauan Riau untuk bisa meningkatkan ekspor, melakukan perluasan pasar ke luar negeri, dan membantu pemulihan ekonomi nasional.

“Hari ini kita menyaksikan penyerahan sertifikat sekaligus ekspor perdana tepung kelapa ke India dan juga ekspor Santan Kelapa ke Jerman untuk kesekian kalinya,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam siaran pers.

Airlangga mengatakan ini adalah produk yang 100% dari Indonesia dan membuat nilai tambah kelapa menjadi tinggi. Ini adalah ekspor yang luar biasa dan diharapkan bisa direplikasi di berbagai daerah karena kita adalah Negeri Rayuan Kelapa sehingga wajar Indonesia mengekspor kelapa.

Ia pun mengapresiasi PT Bionesia Organic Foods sebagai eksportir produk kelapa olahan ke Jerman serta para eksportir lainnya yang tetap mampu mendorong ekspor di tengah pandemi Covid-19 ini. Bionesia ditargetkan akan mengekspor dari awalnya US$10 juta menjadi US$20 juta dengan investasi US$25 juta dan tentu ini mempekerjakan banyak tenaga kerja.

Baca Juga :   Pertamina Refinery Unit V Balikpapan Ekspor 200 Ribu Barel Diesel ke Malaysia

Ekspor dari provinsi ini harapannya dapat memulihkan ekonomi daerah. Pandemi ini berdampak sangat besar pada tingkat pertumbuhan ekonomi Kepulauan Riau. Provinsi ini mengalami kontraksi sebesar -6,66% di kuartal II tahun 2020, lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi nasional. Dari sisi sektoral, sektor yang paling terdampak adalah sektor jasa penunjang pariwisata yaitu transportasi, akomodasi, serta penyediaan makan dan minum.

Leave a reply