Indofood CBP Akuisisi Saham Pinehill Corpora dan Steele Lake di Pinehill Company Senilai Rp 44,8 Triliun

Reporter: Petrus Dabu
0
172

Ilustrasi/Kontan

Di tengah wabah Covid-19 yang membuat kinerja ekonomi lesu darah, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) masih terus melakukan agenda akuisisinya yang sudah pernah diumumkan pada 11 Februari 2020 lalu.

Perusahaan Salim Grup ini baru saja meneken perjanjian jual beli saham bersyarat dengan Pinehill Corpora Limited (Pinehill Corpora) dan Steele Lake Limited (Steele Lake). Dalam transaksi ini, ICBP membeli semua saham Pinehill Corpora dan Steele Lake  di Pinehill Company Limited.

Sekretaris Perusahaan ICBP,  Gideon A.Putro dalam keterbukaan informasi menjelaskan perjanjian jual beli bersyarat sudah diteken pada Jumat (22/5). Ada pun total nilai transaksi pembelian saham ini adalah US$ 2,998 miliar atau hampir US$ 3 miliar. Bila menggunakan kurs rupiah 15.000, maka nilai transaksi pembelian ini mencapai Rp 44,87 triliun.

Rinciannya, ICBP membeli 70,83 juta atau 51% saham Pinehill Corpora di Company Limited senilai US$ 1,53 miliar atau Rp 22,93 triliun. Dalam tahap pertama pada tanggal penyelesaian transaksi akan dibayarkan sebesar US$ 1,2 miliar atau Rp 17,96 triliun. “Pembayaran sebesar US$ 331,5 juta (atau Rp 4,97 triliun) akan ditahan oleh Perseroan dan baru akan dibayar oleh Perseroan kepada Pinehill Corpora, dengan tergantung pada ketentuan mengenai penyesuaian harga pembelian, pada tanggal 30 April 2022 atau tanggal lain setelah penyesuaian harga pembelian ditentukan secara definitif,” jelas Gideon A.Putro dalam keterbukaan informasi.

Baca Juga :   Penjualan Indofood CBP Sukses Makmur Tumbuh 10%

Sedangkan jumlah saham yang dibeli dari Steele Lake adalah 68,05 juta saham atau setara dengan 49% kepemilikannya di Company Limited. Total nilai pembelian saham Steele Lake ini adalah US$ 1,47 miliar atau Rp 22,04 triliun.  Namun, yang akan dibayarkan pada tanggal penyelesaian transaksi adalah sebesar US$ 1,15 miliar atau sekitar Rp 17,26 triliun. Sisanya, sebesar US$ 318,5 juta atau sekitar Rp 4,78 juta tergantung pada ketentuan mengenai penyesuaian harga pembelian, pada tanggal 30 April 2022 atau tanggal lain setelah penyesuaian harga pembelian ditentukan secara definitif.

Untuk memuluskan transaksi ini, salah satu persyaratan awal adalah mendapat persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang rencananya akan dilaksanakan pada 28 Agustus 2020.

Pinehill Company Limited merupakan perusahaan investasi yang didirikan berdasarkan hukum Negara British Virgin Islands (BVI). Saat ini Pinehill Company mempunyai penyertaan saham di sejumlah anak perusahaan yang dikonsolidasikan.

Sejumlah anak perusahaan tersebut adalah: pertama, 59% saham Pinehill Arabia Food Limited yaitu perusahaan yang didirikan dan berdiri berdasarkan hukum negara Kerajaan Saudi Arabia. Kegiatan usaha utamanya bergerak dalam bidang industri manufaktur mi instan di Kerajaan Saudi Arabia.

Baca Juga :   Aksi Korporasi Indofood Direspons Negatif Pelaku Pasar

Kedua, 100% saham Platinum Stream Profits Limited, perusahaan yang didirikan dan berdiri berdasarkan hukum negara BVI dan bergerak di bidang investasi. Saat ini memiliki penyertaan sebesar 48,99% saham Dufil Prima Foods Plc, suatu perseroan terbatas terbuka yang didirikan dan berdiri berdasarkan hukum negara Federal Republik Nigeria, yang bersama dengan anak perusahaan yang dikonsolidasikan, kegiatan usaha utamanya bergerak dalam bidang industri manufaktur mi instan Republik Nigeria dan Republik Ghana.

Ketiga, 59% saham Salim Wazaran Group Limited, perusahaan yang didirikan dan berdiri berdasarkan hukum Negara BVI, yang bergerak di bidang investasi. Saat ini memiliki penyertaan baik langsung maupun tidak langsung paling sedikit sekitar 80% saham dalam anak perusahaan yang dikonsolidasikan, yang semuanya kegiatan usaha utamanya bergerak dalam bidang manufaktur dan distribusi mi instan di masing-masing jurisdiksinya, yaitu Republik Mesir, Republik Kenya, Kerajaan Maroko dan Republik Serbia.

Keempat, 59% saham Salim Wazaran Gida Sanayi Ve Tatirim Anonim Sirketi, suatu perusahaan joint stock yang didirikan dan berdiri berdasarkan hukum negara Republik Turki, yang bergerak di bidang investasi yang saat ini memiliki penyertaan sebanyak 80% saham Adkoturk Gida Sanayi Ve Ticaret Limeted Sirketi, suatu perseroan terbatas yang didirikan dan berdiri berdasarkan hukum negara Republik Turki, yang kegiatan usaha utamanya bergerak dalam bidang industri manufaktur mi instan di Republik Turki.

Baca Juga :   IEBC: Jembatan Digital Pebisnis Indonesia-Ethiopia

Gideon A.Putro menjelaskan juga bahwa Pinehill Corpora adalah perusahaan terafiliasi denga ICBP di mana bos Indofood, Anthoni Salim  memiliki penyertaan secara tidak langsung sekitar 49% di perusahaan itu. Selain itu, kerabat  Anthoni Salim juga memiliki penyertaan secara tidak langsung sekitar 8,3% di Pinehill Corpora. Sedangkan sisanya sekitar 42,7% saham Pinehill Corpora dimiliki oleh pihak ketiga independen.

Sedangkan, Steele Lake, dimiliki secara tidak langsung oleh ASM Telok Ayer Fund, sebuah reksadana discretionary yang dikelola dan dikendalikan oleh Argyle Street Management Limited (ASM). ASM didirikan pada tahun 2002 dan berpusat di Hong Kong. ASM adalah pengelola aset yang memiliki lisensi dari the Securities and Futures Commision of Hong Kong dan beroperasi di Asia Tenggara dan Republik Rakyat Tiongkok.

 

Leave a reply