Microsoft Investasi US$1,7 Miliar untuk Dukung Ambisi Cloud dan AI Indonesia

0
36

Selain melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo,  Microsoft juga mengumumkan komitmen investasinya di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

Dalam keterangan yang diterima Theiconomics.com, perusahaan teknologi global yang bermarkas  di Washington, Amerika Serikat ini akan menginvestasikan US$1,7 miliar selama empat tahun ke depan untuk infrastruktur cloud dan AI baru di Indonesia.

Selain itu, Microsoft juga akan memberikan kesempatan pelatihan keterampilan AI bagi 840.000 orang dan dukungan terhadap komunitas developer dalam negeri yang terus berkembang.

Ini merupakan investasi tunggal terbesar dalam 29 tahun sejarah Microsoft di Indonesia, tulis perusahaan itu.

Inisiatif-inisiatif ini, jelas mereka, akan membantu mencapai visi Indonesia Emas 2045 Pemerintah Indonesia, yang bertujuan mentransformasi Indonesia sebagai kekuatan ekonomi global.

“Generasi baru AI ini mengubah cara hidup dan bekerja setiap orang di mana pun, termasuk di Indonesia,” ujar Satya Nadella, Chairman dan CEO Microsoft.

“Investasi yang kami umumkan hari ini – yang mencakup infrastruktur digital, keterampilan, dan dukungan bagi para developer – akan membantu Indonesia untuk terus melaju di era baru ini.” tambahnya.

Baca Juga :   Adopsi AI Tak Mulus, Ada Tantangan yang Harus Dibereskan

Dharma Simorangkir, Presiden Direktur Microsoft Indonesia mengatakan, “investasi kami menjadi tonggak pencapaian baru bagi lanskap digital Indonesia.”

“Selaras dengan visi nasional Indonesia di bidang kecakapan digital, kami bertujuan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan infrastruktur dan keterampilan yang dibutuhkan di era AI. Ini adalah langkah penting untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat talenta dan inovasi digital,” ujar Dharma.

Investasi infrastruktur digital ini merupakan kelanjutan dari inisiatif Berdayakan Indonesia yang Microsoft umumkan pada Februari 2021, untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi inklusif. Termasuk di dalam inisiatif tersebut yaitu rencana untuk mendirikan wilayah datacenter pertama perusahaan di Indonesia.

Investasi yang diumumkan ini akan memungkinkan Microsoft untuk memenuhi permintaan terhadap layanan komputasi awan (cloud computing services) di Indonesia yang terus meningkat. Hal ini juga akan memungkinkan Indonesia untuk memanfaatkan peluang ekonomi dan produktivitas signifikan, yang dihadirkan oleh teknologi AI terbaru.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Kearney, AI dapat menyumbang hampir US$1 triliun terhadap produk domestik bruto (PDB) Asia Tenggara pada tahun 2030, dengan Indonesia diproyeksikan menyerap US$366 miliar dari jumlah tersebut.

Leave a reply

Iconomics