Jenius BTPN Ungkap Ada Pergeseran Alokasi THR Tahun 2024 yang Direncanakan Masyarakat Digital Savvy

0
40

Studi yang dilakukan Jenius (BTPN) mengungkap sejumlah perilaku masyarakat digital savvy selama Ramadan dan jelang Idulfitri 2024. Perilaku masyarakat digital savvy tahun ini fokus dalam meningkatkan kualitas ibadah, mengatur tunjangan hari raya (THR) dengan lebih baik serta mempererat silaturahmi dengan berkumpul bersama keluarga.

Digital Banking Partnership Head Bank BTPN, Febri Rusli menjelaskan terdapat pergeseran alokasi THR pada tahun 2024 dibanding dengan 2023.

“Pada Ramadan tahun ini, kami melihat adanya pergeseran alokasi THR dari masyarakat digital savvy dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tahun lalu, mayoritas digital savvy sebesar 41% fokus menabung THR, sementara 40% menggunakan THR untuk belanja kebutuhan Ramadan, dan 19% lainnya memilih menginvestasikan THR mereka. Kini, alokasi THR untuk belanja keperluan Ramadan naik 12% menjadi 52%, sedangkan porsi menabung dan berinvestasi masing-masing mencapai 29% dan 19%,” kata Febri dalam keterangan resminya.

Perubahan cara mengelola THR tersebut pun sejalan dengan 58% masyarakat digital savvy yang merasa pengeluaran mereka berpotensi meningkat di Ramadan tahun ini. Adapun alokasi pengeluaran tersebut terbagi menjadi beberapa keperluan, seperti membeli baju baru sebesar 43%, mudik sebesar 30%, zakat dan sedekah sebesar 30%, membeli makanan sahur dan buka puasa sebesar 29%, serta acara buka puasa bersama sebesar 29%. Selain untuk keperluan Ramadan, masyarakat digital savvy juga menggunakan THR untuk melunasi cicilan/utang, modal bisnis, liburan, renovasi rumah, dan beli gadget/barang elektronik.

Baca Juga :   BTPN dan SMBC Berikan Pembiayaan Hijau kepada PLN Senilai Rp1,46 Triliun

Dalam studi tersebut juga disampaikan masyarakat digital savvy juga berupaya mengantisipasi kebutuhan ekstra dengan memilih opsi pinjaman. Dibandingkan tahun lalu, jumlah masyarakat digital savvy yang memilih opsi pinjaman meningkat sebesar 13%. Menurut hasil survei, sebanyak 35% dari mereka berencana mengambil pinjaman selama bulan Ramadan 2024 untuk berbagai keperluan, di antaranya untuk menyambut Lebaran sebesar 60%, modal usaha sebesar 46%, dan renovasi rumah sebesar 18%.

Leave a reply

Iconomics