Anggaran PEN Sudah Terserap 40% Selama 3 Bulan 3 Pekan

0
73

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/EkonMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/Ekon

Pemerintah menyebutkan tingkat penyerapan anggaran pemulihan ekonomi nasional (PEN) sudah mendekati 40% hingga pekan ini. Dalam beberapa pekan terakhir memang terjadi percepatan penyerapan anggaran PEN.

Dengan melakukan realokasi secara dinamis, anggaran yang dirasa berlebih dan tidak mungkin terserap di satu program segera direalokasi ke program lain yang tingkat penyerapannya sudah lancar.

“Kita melakukan ini dengan prinsip agar peningkatan serapan semaksimal mungkin, sehingga diharapkan dapat membantu Saudara-saudara kita yang membutuhkan, utamanya kelas menengah ke bawah sekaligus juga menjadi penyangga ekonomi nasional,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Komite PC-PEN dalam siaran pers.

Pemerintah membeberkan bahwa program PEN baru dimulai di awal Juni 2020. Hanya dengan 3 bulan 3 pekan sudah terserap sebesar 40%. Oleh karena itu, Menko Airlangga optimistis dengan tingkat penyerapan yang makin cepat ke depan, maka diperkirakan anggaran PEN sebesar Rp695 triliun akan terserap hingga 100%.

Menko Perekonomian melihat tren perbaikan ekonomi, diprediksi terjadi di kuartal ketiga. Yang jelas lebih baik dibanding dengan kondisi bulan April 2020 hingga Juni 2020. Bahwa memang belum pulih sepenuhnya ke posisi sebelum Covid-19. “Namun setidaknya kita sudah melihat tren positif ke depannya,” tegas Menko Airlangga.

Baca Juga :   Kemenko Perekonomian Targetkan 10 Ribu Kios WarNU Digital

Ia mengklaim tren dan capaian positif tersebut tak lepas dari kebijakan stimulus pemerintah melalui program kesehatan, bantuan sosial, bantuan kepada dunia usaha, UMKM, dan sektor padat karya. Ditambah fakta bahwa angka penyerapan PEN meningkat secara pesat dalam bulan-bulan terakhir.

Leave a reply