Iconomics Apresiasi 20 Perusahaan Asuransi dalam Most Innovative Insurance Companies Award 2020

0
349

Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro saat membuka webinar/Iconomics

Iconomics menggelar webinar dengan tema Insurtech Opportunities & Challenges Expert Opinion and Customer Preference Research. Kemudian dilanjutkan dengan Virtual Award Most Innovative Insurance Companies Award 2020.

Acara yang digelar pada Kamis (27/08/2020)secara virtual ini menghadirkan para pembicara webinar yang mewakili regulator dan praktisi. Webinar ini akan menghadirkan Kepala Eksekutif Pengawas Industri Jasa Keuangan Non Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan Riswinandi Idris yang diwakilkan kepada Direktur Pengawasan Asuransi dan BPJS Kesehatan Supriyono. Ada pula CEO Allianz Utama Pieter Van Zyl, CEO BNI Life Insurance Shadiq Akasya, CEO AXA Financial Indonesia Niharika Yadav dan Co-Founder Qoala Tommy Martin.

Inovasi menjadi salah satu kunci bagi perusahaan untuk bertahan. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 yang sudah mempengaruhi perekonomian dan dunia bisnis. Perusahaan harus bergegas untuk melakukan terobosan-terobosan agar bisa melewati masa yang sangat menantang dan memetik buahnya pasca Covid-19 jinak.

Perusahaan-perusahaan asuransi juga yang harus selalu melakukan inovasi. Sebagai industri jasa keuangan yang ketat persaingannya harus gesit merespons perubahan. Tema insurtech atau insurance technology menjadi salah satu isu yang relevan dengan perkembangan teknologi di industri jasa keuangan. Teknologi dapat menjadi jalan berinovasi, mulai dari proses, pemasaran hingga layanan purnanya.

Baca Juga :   AAJI Usul ke OJK agar Produk Unit Link Bisa Dijual Secara Online

“Sebagai apresiasi kepada perusahaan-perusahaan asuransi yang konsisten melakukan inovasi, Iconomics menggelar Most Innovative Insurance Companies Award 2020,” kata CEO Iconomics Bram S. Putro. Pada acara ini, tim redaksi Iconomics memberikan apresiasi kepada 20 perusahaan asuransi Indonesia yang dinilai memiliki manuver yang inovatif dan menarik di tahun 2020.

Apresiasi tersebut diberikan kepada 3 kategori perusahaan perasuransian yaitu asuransi jiwa, asuransi umum dan reasuransi. Penilaian diberikan berdasarkan kajian terhadap 110 perusahaan asuransi dari berbagai sub kategori asuransi jiwa, asuransi umum/kerugian dan reasuransiyang beroperasi di Indonesia.

Tim penilai melakukan diskusi dan melakukan berbagai studi untuk memperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang upaya para perusahaan asuransi dengan cara:

  • Melakukan diskusi dengan beberapa pengamat industri keuangan dan pelaku PR serta advertising;
  • Survei persepsi inovasi produk, jasa, dan merek 110 perusahaan asuransi. Survei ini dilakukan dengan melibatkan 300 responden pengguna asuransi di Jakarta dan Surabaya (individu dan korporasi);
  • Desk study mengenai 110 perusahaan asuransi;
  • Hasil pengamatan dipergunakan oleh tim editor Iconomics.com untuk memberikan penilaian.
Baca Juga :   Inilah Fokus Perusahaan Platform Insurtech Saat Ini

Penghargaan ini diberikan berdasarkan penilaian dalam 3 aspek yakni Product Innovation, Service Innovation, & Brand Innovation. Hal ini disebabkan, kecenderungan sebagian perusahaan yang mengenali nilai inovasi, namun sedikit perusahaan yang berani menerapkan inovasi dalam bisnisnya. Parameter Product Innovation melihat sejauh mana perusahaan asuransi cukup banyak melakukan perbaikan atau penambahan produk sepanjang tahun 2020. Parameter kedua yaitu Service Innovation melihat sejauh mana perusahaan asuransi melakukan perubahan pelayanan dan cara berinteraksi dengan nasabah sepanjang tahun 2020. Parameter Brand Innovation melihat sejauh mana perusahaan asuransi melakukan upaya peningkatan citra melalui upaya-upaya brand building sepanjang tahun 2020.

20 Perusahaan asuransi terbaik pada Most Innovative Insurance Companies Award 2020

No

Perusahaan

Kategori

1 PT BNI Life Insurance Life Insurance
2 PT AXA Financial Indonesia Life Insurance
3 PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia Life Insurance
4 PT Sun Life Financial Indonesia Life Insurance
5 PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Life Insurance
6 PT Prudential Life Assurance Life Insurance
7 PT Allianz Life Indonesia Life Insurance
8 PT Asuransi Jiwa BCA Life Insurance
9 PT Asuransi Jiwa Sequis Life Life Insurance
10  

PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth)

Life Insurance
11 PT Asuransi Reliance Indonesia Life Insurance
12 PT Asuransi Allianz Utama Indonesia General Insurance
13 PT BRI Insurance General Insurance
14 PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk General Insurance
15 PT Avrist General Insurance General Insurance
16 PT Zurich Insurance Indonesia General Insurance
17 PT Asuransi Ramayana Tbk General Insurance
18 PT Asuransi Central Asia General Insurance
19 PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk Reinsurance
20 PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) Reinsurance

Leave a reply