Pelindo II Salurkan Dana Rp 400 Juta untuk Bantu Tanggulangi Pandemi Covid-19

Reporter: Yehezkiel Sitinjak
0
127

Kantor Pelindo II/Mimbar Maritim

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC memberikan bantuan dana senilai Rp 400 juta untuk menangani wabah virus corona yang terus meluas di Indonesia. Bantuan itu diserahkan kepada Yayasan BUMN Hadir untuk Negeri, untuk membeli alat pendeteksi Covid-19.

“Bantuan dana IPC akan digunakan untuk pengadaan alat ekstraksi otomatis magnapure 96 dan alat deteksi light cyclear 480,” kata Direktur Utama IPC Arif Suhartono dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (7/4).

Arif mengatakan, Kementerian BUMN melalui Yayasan BUMN Hadir untuk Negeri sedang menggalang dukungan dari beberapa BUMN untuk membeli 10 set alat ekstraksi otomatis magnapure 96, dan 18 set alat deteksi light cyclear 480. Harga alat kesehatan itu dinilai sekitar Rp 26,7 miliar dan peralatan itu nantinya akan disalurkan ke 10 rumah sakit yang tersebar di 10 provinsi.

Pandemi Covid-19 ini, kata Arif, tidak bisa diatasi secara parsial. Itu sebabnya perlu ada gerakan bersama termasuk partisipasi dunia usaha dan masyarakat untuk menekan penyebaran virus yang sangat mudah menular ini.

Baca Juga :   Skandal Jiwasraya: Antara Penyidik, Benny Tjokro dan Heru Hidayat

IPC, kata Arif, melalui 12 kantor cabang pelabuhan di 10 provinsi sejak Maret lalu telah mengambil peran dalam pencegahan penyebaran corona. Tak hanya di area pelabuhan, pencegahan juga dilakukan mencakup lingkungan pemukiman warga yang berdekatan dengan pelabuhan.

“Pekan lalu, misalnya, IPC Cabang Pelabuhan Tanjung Priok menyerahkan beberapa alat semprot disinfektan kepada Pemkot Jakarta Utara. IPC juga mendistribusikan masker dan hand sanitizer di sejumlah masjid dan puskemas di sekitar Tanjung Priok,” ujarnya.

Di Bengkulu, IPC menggandeng PMI dan Aksi Cepat Tanggap melakukan sterilisasi di Pelabuhan Pulau Baai. Sterilisasi tersebut mencakup rumah-rumah dinas, klinik, dan fasilitas pendidikan yang berdekatan dengan pelabuhan. “Khusus di Bengkulu, IPC ditunjuk sebagai Koordinator Wilayah Satuan Tugas BUMN Tanggap Bencana Nasional Covid-19,” kata Arif.

Sebelumnya, di Pontianak, Kalimantan Barat, Pelindo II menyerahkan satu unit mobil kebersihan berikut beberapa boks alat pelindung diri lengkap kepada wali kota Pontianak. Mobil kebersihan itu bisa dioperasikan untuk melakukan sterilisasi di sejumlah area publik yang berisiko terjadi penyebaran virus corona.

Leave a reply