Amar Bank Luncurkan Produk Inovatif Senyumku

0
75

Ilustrasi Senyumku/IstIlustrasi Senyumku/Ist

Amar Bank (AMAR) meluncurkan produk Senyumku dengan menggandeng Google Cloud. Amar menyebut produk ini sebagai digital-only bank pertama di Indonesia yang diluncurkan di Cloud.

Sejak peluncuran regional Google Cloud di Jakarta, Amar Bank telah menggunakan teknologi Google Cloud untuk berbagai penggunaan bisnis seperti peluncuran berbagai produk dan fitur, Arsitektur Big Data, AI dan analytics, dan lainnya. Untuk menjadi yang terdepan, fleksibilitas transformasi digital, skalabilitas, dan keamanan seluruh infrastruktur IT menjadi sangat penting. Hal ini dimungkinkan hanya melalui solusi cloud. Sesuai dengan peraturan perbankan, Amar Bank tidak dapat menggunakan solusi cloud dari luar negeri atau data center yang berkedudukan di luar Indonesia. Dengan demikian, peluncuran regional baru Google Cloud di Jakarta memungkinkan Amar Bank untuk menggunakan layanan Google.

Kolaborasi Amar Bank dan Google Cloud didukung oleh FIS Cloud dan Infofabrica untuk memanfaatkan kecerdasan data analytics dan machine learning sehingga memberikan pengalaman nasabah yang dipersonalisasi dengan lebih cepat. Contohnya Senyumku memiliki kecerdasaan buatan untuk mengetahui kesehatan keuangan dan menawarkan cara mudah untuk mengelola keuangan nasabah. Aplikasi ini memberitahu nasabah tentang pola pemasukan dan pengeluaran keuangan, dan mendorong mereka untuk membangun kebiasaan menabung.

Baca Juga :   BCA Pilih 10 Startup Lewat SYNRGY Accelerator Batch 2

“Kami mengapresiasi langkah Google dalam meluncurkan regional Google Cloud di Indonesia. Google Cloud menyediakan solusi Cloud terbaik untuk bisnis kami, mulai dari solusi cluster Kubernetes dengan Google Kubernetes Engine (GKE) yang memungkinkan kami dalam mengelola dan meningkatkan skala layanan dengan mudah dan efektif dari segi biaya. Ditambah dengan solusi Google Data Analytics dan AI yang menjadi kunci untuk memberikan pengalaman nasabah yang lebih baik,” kata Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian dalam siaran pers.

Ia mengatakan standar keamanan kelas dunia membantu Amar Bank memberikan jaminan kepada nasabah bahwa produk dan solusi digital yang sepenuhnya aman dengan dukungan dari teknologi Google Cloud. Secara singkat, Google Cloud menawarkan tiga manfaat besar yaitu skalabilitas, keamanan, dan kecerdasan artifisial bawaan.

Keberhasilan Google Cloud di Kubernetes memungkinkan Amar Bank untuk mempersingkat proses dan mengurangi biaya, membawa skalabilitas serta kecepatan dalam memecahkan solusi pada portofolioteknologi finansialnya.

“Yang membedakan Senyumku dengan bank digital lainnya adalah dukungan dari AI (Artificial Intelligence) yang menggunakan kecerdasan dalam pengelolaan informasi sehingga dapat mendorong nasabah untuk meningkatkan tabungannya. Hal ini memungkinkan Senyumku untuk responsif terhadap perilaku dinamis nasabah. Kami berharap, kehadiran Senyumku dapat menjadi solusi masyarakat untuk membantu mereka membangun kebiasaan menabung dan mengelola keuangan dengan bijak,” tambah Vishal.

Baca Juga :   Proses Digital di BRI Meliputi 3 Hal, Ini Penjelasannya

Country Director Google Cloud di Indonesia Megawaty Khie mengatakan bahwa Amar Bank menjadi yang “pertama” di Indonesia dengan Senyumku.

Saat ini Senyumku hadir dalam versi Litedengan fitur-fitur yang dapat dinikmati melalui empat langkah mudah yaituvalidasi, registrasi, Electronic Know Your Customer (E-KYC), dan pembuatan akun. Versi ini memberikan akses dan kemudahan kepada nasabah untuk mencoba fitur-fitur unggulan Senyumku. Fitur yang sudah dapat digunakan diantaranya adalah manajemen keuangan pribadi dan investasi dalam bentuk deposito. Pada versi Lite, nasabah juga dapat merasakan fitur top up yang memudahkan nasabah untuk menambahkan akun bank lain dan e-wallets ebagai informasi dalam manajemen keuangan pribadi pada aplikasi Senyumku. Ke depan, Senyumku akan hadir dalam versi lengkap dengan kecanggihan teknologi artificial intelligence (AI) yang lebih mumpuni untuk meningkatkan fitur penasihat keuangan serta memungkinkan nasabah untuk dapat mengakses seluruh kegiatan transaksi perbankan.

Leave a reply