Sukuk SR013 Bisa Jadi Alternatif Investasi Para Milenial

0
73

Ilustrasi Sukuk SR013/Dok. BNI Syariah

Perencanaan keuangan untuk kalangan milenial akan membantu para milenial memiliki pegangan finansial di masa mendatang. Salah satunya, milenial harus memiliki investasi, dalam bentuk apapun. Apalagi siklus krisis ekonomi yang semakin cepat. Kesiapsiagaan finansial harus ada untuk menjadi bantalan saat ada goncangan.

Financial Trainer Founder & CEO OM Financial Ligwina Hananto menyampaikan perencanaan investasi dan pengaturan keuangan yang dimulai sejak muda penting agar mempunyai pegangan finansial saat dibutuhkan kedepannya.

Menurut Ligwina investasi dapat dilakukan apabila kewajiban seperti utang, cicilan,dan uang kebutuhan rutin hariansudah dilakukan dengan baik. Rasio investasi yang sehat adalah 10-30% dari penghasilan perbulan.

Ia menjelaskan investasi yang berisiko rendah diantaranya adalah produk perbankan karena dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) seperti tabungan dan deposito dan produk investasi yang diterbitkan oleh negara salah satunya surat berharga.

Analis Senior Pengelolaan Transaksi SBSN Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan Ricky Gigih Prayoga mengajak investor muda terutama dari generasi milenial untuk berinvestasimelaluiinstrumen surat berharga negara (SBN). Salah satu produk investasi untuk investor ritel yang terbaru dikeluarkan pemerintah adalah Sukuk Negara Ritel seri SR013.

Baca Juga :   "Tenaga Kerja Impian", Program Milenial dari RedDoorz

“SR013 merupakan instrumen investasi berbasis syariah yang mudah dibeli melalui online, aman karena diterbitkan pemerintah dan dijamin Undang-Undang, serta terjangkau,” kata Gigih dalam siaran pers.

Sukuk Ritel mempunyai dengan tingkat imbal hasil 6,05% per tahun dibayar per bulan dengan pajak 15% dari imbalan. Para milenial dapat berinvestasi mulai dari Rp1 juta dan kelipatannya untuk SR013.

BNI Syariah sebagai mitra distribusi penjualan sukuk ini melalui Direktur Bisnis Ritel & Jaringan BNI Syariah Iwan Abdi mengatakan jumlah nasabah yang tertarik terhadap instrumen investasi Sukuk Ritel SR-013 ini cukup banyak yaitu 297 nasabah per 14 September 2020 dengan nilai Rp41 miliar.

Leave a reply